Cara Membuat Roti Burger Mini di Rumah

Cara Membuat Roti Burger Mini di Rumah – Burger merupakan salah satu kudapan yang digemari masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Hidangan yang berasal dari negara barat ini berupa roti bundar yang dibelah dua, lalu di antara kedua belah roti tersebut disisipi daging, sayuran, dan saus. Daging yang digunakan biasanya berupa daging sapi, namun dapat juga digunakan daging lain seperti daging ayam, daging babi, bahkan ikan. Sayurannya berupa selada, tomat, dan mentimun. Sausnya dapat disesuaikan dengan selera. Lazimnya yang digunakan adalah saus kecap, mustard, dan saus sambal. Jika suka, Anda dapat pula menggunakan mayonnaise, saus bolognese, saus barbeque, ataupun saus lada hitam. Untuk variasi atau tambahannya, Anda dapat menggunakan keju lembaran atau telur mata sapi.

Meskipun burger bukan kuliner yang berasal dari Indonesia, namun sebenarnya bahan-bahan untuk membuatnya cukup mudah ditemukan di sekitar kita, terlebih jika Anda tinggal di daerah yang dekat dengan pusat perbelanjaan modern. Meskipun demikian, harga burger cukup mahal dibanding kudapan-kudapan khas Indonesia. Mungkin hal itu disebabkan oleh karena burger telah dicap sebagai makanan kelas menengah ke atas. Oleh sebab itu, akan sangat ekonomis jika kita dapat membuatnya sendiri di rumah. Resep kali ini, kami bagikan cara membuat roti burger. Untuk isiannya, dapat Anda pilih sendiri dan disesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan-bahan yang Anda miliki di rumah.

14294761_1186385918066866_2601806224873750528_n

Cara Membuat Roti Burger Mini

Roti burger terbuat dari bahan-bahan yang sama dengan roti pada umumnya. Namun, ada sedikit tambahannya. Untuk mengetahui lebih rinci, berikut kami beri tahu apa saja bahan-bahannya:

Advertisement
  • Tepung terigu protein tinggi sebanyak 500 gram
  • Garam sebanyak 1,5 sendok teh
  • Ragi instan sebanyak 7 gram
  • Gula kastor sebanyak 1 sendok teh, dapat menggunakan gula pasir biasa jika tidak ada gula kastor
  • Mentega tawar sebanyak 15 gram, dapat menggunakan margarin jika tidak ada mentega
  • Air hangat sebanyak 300 ml
  • Biji wijen sebanyak 50 gram

Cara Membuat Roti Burger Mini :

  1. Siapkan wadah dan isi dengan tepung dan garam, lalu aduk hingga garam bercampur dengan tepung.
  2. Tambahkan gula dan ragi, lalu aduk kembali.
  3. Masukkan mentega, lalu aduk lagi.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit sembari tetap mengaduk-aduk adonan. Air tak perlu dituang semua. Jika adonan dirasa telah lembut dan sedikit lengket, hentikan penambahan air.
  5. Letakkan adonan pada wadah datar (dapat berupa meja atau silicon mat) yang telah ditaburi tepung. Lalu uleni adonan hingga berubah tekstur menjadi kalis elastis dan licin.
  6. Bagi adonan menjadi 20 bagian kecil, lalu bulat-bulatkan. Kemudian, letakkan di atas loyang. Pastikan Anda memberi jarak yang cukup di antara bulatan adonan tersebut.
  7. Tutupi bulatan adonan tersebut dengan plastik wrap, lalu fermentasikan di tempat yang hangat selama 20-30 menit.
  8. Di tengah-tengah menunggu proses fermentasi, panaskan oven dengan suhu 230 derajat celcius.
  9. Setelah difermentasi, bulatan adonan tersebut akan mengembang dua kali lipat. Itu lah sebabnya bulatan adonan perlu diberi jarak antara satu dengan lainnya.
  10. Taburi wijen di permukaan bulatan adonan yang telah mengembang. Untuk lebih merekatkan wijen, Anda dapat mengoles permukaan adonan dengan air atau susu cair jika ada.
  11. Panggang adonan roti burger dengan menggunakan oven yang telah dipanaskan sebelumnya.
  12. Setelah 10 menit proses pemanggangan, turunkan suhunya menjadi 200 derajat celcius.
  13. Lanjutkan memanggang 10 menit lagi atau hingga roti burger telah mengembang, berubah warna menjadi kecoklatan, atau terdengar berongga ketika diketuk.
  14. Setelah matang, tunggu uap panasnya hilang. Kemudian, roti burger dapat dibelah dua dan disisipi bahan-bahan lain sesuai selera Anda seperti daging burger, keju lembaran, sayuran, dan saus favorit Anda.

Kudapan ini dapat dihidangkan sebagai menu sarapan. Selain itu, karena berukuran mini, kudapan ini pun dapat disantap sebagai camilan. Kudapan ini juga dapat dijadikan salah satu hidangan di acara spesial seperti pesta ulang tahun buah hati Anda. Selamat mencoba.

TAG

cara membuat roti burger,cara membuat roti burger sendiri,cara membuat roti burger mini,Resep roti burger,resep membuat burger mini,burger mini,cara buat roti burger,resep roti burger mini,cara membuat burger mini,resep burger mini

Artikel Terkait

Cara Membuat Roti Burger Mini di Rumah | Rizki Nur Amalia | 4.5